widgets

Senin, 18 November 2013

TULANG AKSIAL

1)    Tulang –tulang tengkorak
Tulang-tulang tengkorak terdiri dari atas 28 buah tulang. Fungsinya sebagai pelindung organ tubuh  yang amat vital fungsinya, seperti otak, mata, dan telinga bagian dalam. Sebagian tulang lagi membentuk wajah, seperti tulang pipi, rahang atas dan bawah, tulang hidung, tulang dagu, dan lain-lain.

2)    Ruas –ruas tulang belakang
  Ruas –ruas tulang belakang (vertebrata) terdiri atas 33 buah ruas tulang. Tulang tersebut terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu ruas-ruas tulang leher (servical), ruas-ruas tulang pinggang (lumbal), ruas-ruas tulang sakrum, dan ruas-ruas tulang ekor  (koksigea).


Tulang leher terdiri atas 7 ruas tulang. Ruas teratas atau pertama adalah tulang atlas,  yang menghubungkan tulang belakang dengan tulang tengkorak. Sendi yang menghubungkan tulang atlas dengan tulang tengkorak disebut sendi atlas. Sendi itu memungkinkan gerakan kepala menggeleng ke kiri atau ke kanan , mengangguk ke depan, menengadah, serta berputar ke kiri dan ke kanan dengan wajah tetap menghadap ke depan. Tulang punggung terdiri atas 12 ruas. Pada sisi kiri dan kanannya melekat tulang-tulang rusuk. Tulang pinggang terdiri atas 5 ruas. Tulang sakrum terdiri atas  5 ruas dan tulang ekor terdiri atas 4 ruas tulang. Baik tulang sakrum maupun tulang ekor, tulang-tulangnya telah menyatu semenjak masa embrio.

3)    Tulang rusuk

Tulang rusuk terdiri atas 12 pasang. Ujung belakangnya melekat pada ruas-ruas tulang belakang. Tulang rusuk dibedakan atas tiga macam.
a)Tulang rusuk sejati berjumlah 7 pasang, bila ujung belakangnya melekat pada ruas-ruas tulang punggung, sedangkan ujung depannya melekat pada tulang dada.
b)Tulang rusuk palsu berjumlah 3 pasang, bila ujung belakangnya melekat pada tulang rusuk diatasnya.
c)Tulang rusuk melayang berjumlah 2 pasang, bila ujung belakangnya melekat pada ruas-ruas tulang belakang, sedangkan ujung depannya tidak melekat pada tulang manapun.



 4)   Tulang dada

Tulang dada beserta tulang rusuk dan tulang puggung membentuk didnding kuat yang melindungi alat-alat tubuh penting yang terdapat dalam rongga dada, seperti jantung dan paru-paru. Tulang dada terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala tulang dada, badan
tulang dada, dan tulang taju pedang. Pada kepala tulang dada melekat tulang selangka. Tulang selsangka ini menghubungkan tulang dada dengan taju paruh gagak dan tulang belikat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar